Forum Navigation
Forum breadcrumbs - You are here:ForumForum Dialog ADINKES: Diskusi UmumPelantikan Pengurus Pusat PP ADIN …
You need to log in to create posts and topics.

Pelantikan Pengurus Pusat PP ADINKES 2020-2025

ADINKES menyelenggarakan Pelantikan Pengurus Pusat (PP) untuk masa bakti tahun 2020-2025 pada Selasa 12 Mei 2020. Dari Situation Room Kementerian Kesehatan, Pelantikan ini juga menghadirkan Kuliah Umum dari drg. Usman Sumantri, MSc dan Prof. Dr. dr. Ascobat Gani, MPH, Dr.PH.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima dr. Krishnajaya, MS (Ketua Umum 2015-2019) kepada Ketua Umum 2020-2025, dr. M. Subuh, MPPM

Dalam sambutan, Ketua Umum periode 2014-2019, dr. Krishnajaya, MS menyampaikan garis besar apa yang telah dilakukan selama ini serta menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan selama masa Kepengurusan beliau, cukup banyak kegiatan besar yang dilakukan melibatkan Dinas Kesehatan, Puskesmas, Rumah Sakit, Labkesda maupun UPTD Dinas Kesehatan lainnya yang pasti terdapat kekurangannya. Harapan beliau kiranya akan diperbaiki lagi dalam Kepengurusan berikutnya.

dr. M. Subuh, MPPM selaku Ketua Umum Periode 2020-2025, menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada dr. Krishnajaya, MS dan jajaran kepengurusan sebelumnya yang telah membawa ADINKES pada jalur yang tepat, membesarkan ADINKES sampai hari ini. Ketua Umum mengingatkan jajaran Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota bahwa bersama-sama kita agar tidak melupakan tugas-tugas kesehatan prioritas seperti Stunting, Ibu dan Anak, Penyakit Menular serta Penyakit Tidak Menular disamping emerging disease yang sedang kita hadapi saat ini pandemi Covid-19.

Pada sesi Kuliah Umum, Prof. Ascobat Gani menyampaikan secara lugas area-area yang menjadi tantangan untuk penguatan SDM Kesehatan khususnya pada 514 Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, ADINKES dan jajaran perlu memahami betul apa Tugas Pokok Fungsi Dinkes Daerah serta tantangan yang ada pada sektor Kesehatan. drg. Usman Sumantri, Msc sebagai pembicara kedua dalam sesi ini secara gamblang memberikan data-data terkait sebaran situasi SDM Kesehatan kita di Daerah serta tantangan untuk pemenuhannya, termasuk didalamnya adalah sinergi pelaksanaan upaya kesehatan bersama fasilitas kesehatan swasta yang ada di daerah.

Sesi Kuliah Umum "Penguatan SDM Dinas Kesehatan menjawab Tantangan Pembangunan Kesehatan"

Dalam sesi ini, anggota Dewan Pembina, Dewan Pakar dan Pengurus inti PP ADINKES turut berbagi pikiran dalam upaya penguatan Dinkes kedepan yaitu dr. Siswanto, MHP, DTM; dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS; Dr. Drg. Theresia Ronny Andayani, MPH (Bappenas), dr. Widyastuti, MKM; Prof. Dr.dr. Agus Purwadianto, DFM, SH, MSi, Sp.F(K); Prof. Dr. Dede Anwar Musadad, SKM, MKes; dr. Nurhandini Eka Dewi, SpA, MPH; Dr. dr. Bayu Wahyudi, SpOG, MPHM, MHKes, MM; dr. Syafii Ahmad, MPH; dr. Nur Albar, SpPD, FINASIM; Dr. dr. Tubagus Rachmat Sentika, SpA, MARS. Sebagai konklusi, moderator pada Kuliah Umum ini, Dr. dr. Sutopo Patria Jati, MKes, MM menyampaikan tindak lanjut kedepan agar ADINKES dapat sekuat mungkin mendorong ide-ide penguatan Dinkes dan Fasyankes di Daerah menjadi bagian dari advokasi di Pusat untuk terlaksana kemudian di daerah.

Seluruh materi Kuliah Umum dapat di download pada link https://www.adinkes.org/publikasi