+62-21-22792765
adinkes@adinkes.org

Tentang Adinkes

Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (ADINKES) adalah organisasi Asosiasi yang didirikan untuk memenuhi aspirasi dan partisipasi Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia. ADINKES didirikan di Jakarta pada tanggal 22 Oktober 2002 dalam Temu Nasional Kepala Dinas Kesehatan se-Indonesia. ADINKES memiliki misi sesuai dengan atribut logo organisasi meliputi lambang Palang Persegi Delapan dan Bersusun yang artinya adalah Kesehatan yang didukung dari segala penjuru lapisan serta lambang Wijaya Kusuma yang mengandung makna Upaya ADINKES yang senantiasa menginginkan kehidupan sehat seluruh rakyat.

Berdasarkan Rapat Kerja Nasional ke-IV Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (12 Februari 2015) maka ditetapkan secara aklamasi memilih kembali dr. Krishnajaya, MS sebagai Ketua Umum ADINKES periode 2015-2020.

ADINKES memiliki Visi untuk menjadi mitra utama Pemerintah dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia dalam mewujudkan Dinas Kesehatan dan Unit Pelaksana Teknisnya sebagai pelaksana urusan kesehatan yang terpercaya dan dapat di andalkan.

Ada 6 Misi ADINKES:

  1. Meningkatkan komunikasi antar Anggota, Pemerintah. Swasta dan Masyarakat dalam melaksanakan Otonomi Daerah / Desentralisasi
  2. Mengembangkan Kapasitas dan meningkatkan kompetensi anggota dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.
  3. Menggerakkan pembangunan Nasional yang berwawasan Kesehatan
  4. Mendukung pemerintah dalam pengembangan upaya kesehatan masyarakat, perorangan dan pemberdayaan masyarakat.
  5. Mendukung pemerintah dalam pengembangan upaya kesehatan perorangan terutama pelayanan primer.
  6. Mendukung implementasi Jaminan Kesehatan Nasional di daerah.

Atas misi tersebut diatas, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri telah memberikan dukungan dan kebijakan tertulis terkait keberadaan ADINKES sebagai mitra pemerintah. ADINKES memiliki Pengurus Pusat dan Pengurus Wilayah, bersama Pengurus Wilayah ADINKES telah melaksanakan berbagai kegiatan di tingkat Nasional sebagai bentuk penjabaran dari Visi dan Misi organisasi.