+62-21-22792765
adinkes@adinkes.org

Pertemuan Nasional Puskesmas sebagai PPK BLUD & Strategi Remunerasi

Atas usulan anggota, ADINKES didukung oleh Kementerian Dalam Negeri, menyelenggarakan Pertemuan Nasional “Optimalisasi Puskesmas sebagai PPK BLUD dan Strategi Remunerasi” di Hotel Sahid Yogyakarta pada 25-27 Juli 2018. Pertemuan ini dibuka oleh Dr. M. Subuh, MPPM (Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan, Kementerian Kesehatan) dan Drs. Eduard Sigalingging, M.Si (Direktur SUPD III, Ditjen Bangda, Kementerian Dalam Negeri). 

Pertemuan ini bertujuan untuk mendorong Puskesmas menjadi PPK BLUD dan mengoptimalkan pelaksanaannya serta untuk merumuskan pola remunerasi yang tepat untuk pelaksana layanan kesehatan. Hal ini didasari oleh situasi:

  • Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat (Pelayanan Publik). BLUD adalah Sistem yang diterapkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja pada SKPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya (Penjelasan Pasal 346 UU No. 23 Tahun 2014).
  • Belum optimalnya implementasi Puskesmas sebagai PPK BLUD (model non-holding maupun holding PPK BLUD) antara lain karena masih kurangnya pemahaman atas berbagai kebijakan terkait PPK BLUD dan praktik baik (best practices) yang telah ada di beberapa Daerah. Pembinaan dan pengawasan PPK BLUD juga merupakan salah satu aspek yang belum dilihat bagaimana pelaksanaannya yang lebih baik.
  • Puskesmas PPK BLUD akan menjadi solusi mengendapnya dana kapitasi di kas daerah dan beberapa permasalahan lain yang selama ini dikeluhkan oleh berbagai pihak yang muncul diberbagai media masa.
  • Sampai saat ini Pola Remunerasi Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan masih dirasakan tidak adil, khususnya Petugas Puskesmas sebagai Penjaga Gerbang Pelayanan Kesehatan terdepan.

Materi pertemuan ini dapat di download pada link www.adinkes.org/publications

Respond For " Pertemuan Nasional Puskesmas sebagai PPK BLUD & Strategi Remunerasi "